Buat kamu yang lagi mencari materi-materi TIK, ini nih saya kasih beberapa materi buat nambah-nambah ilmu dan membantu kamu untuk mengerjakan tugas. Berikut materinya...
A. Prosedur Baku
Menghidupkan dan Mematikan Komputer
Sebelum menggunakan komputer,
terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan , yaitu :
1. Memastikan kabel listrik sudah
terhubung dengan komputer
2' Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.
2' Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.
A.1 Menghidupkan Komputer
Untuk menghidupkan komputer, kamu
dapat melakukan langkah-langkah berikut:
1.
Tekan tombol Power atau tombol On
pada Komputer
2.
Selanjutnya Komputer akan melakukan
booting dengan meryal.ankan BIOS ( Basic Input Output System ) yang terdapat
pada komputer.
3.
Komputer yang berada pada suatu
jaringan biasanya mengharuskan penguna komputer untuk Log in terlebih dahulu
sebelum memasuki Sistem.
A.2 Mematikan Komputer
Jika sistem operasi yang digunakan
adalah Microsoft Windows maka untuk
mematikan komputer dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
1. Pilih Tombol Start pada taskbar
2. Tekan Tombol Turn Off Computer yang akan menampilkan kotak dialog Turn Off
compute , pada kota dialog tersebut terdapat empat pilihan , yaitu:
-Stand By, Pilihan ini digunakan untuk mengubah kondisi komputer
dalam keasaan Low-Power.
-Turn Off, Pllihan digunakan untuk mematikan komputer.
-Restrat, Pilihan ini gidunakan untuk untuk mematikan komputer dan
kemudian menghidupkannya lagi.
-Hibernate, dapat ditampilkan dengan menekan tombol Shift pada
Keyboard dan Stand By. Pilihan ini digunakan untuk mengakhiri penggunaan
Windows XP dengan terlebih dahulu menyimpan posisi pekerjaan terakhir yang
sedang dikerjakan ke dalam harddisk.
B. MACAM.MACAM PERANGKAT
LUNAK
Berdasarkan fungsinya, software
dibagi menjadi tujuh, yaitu :
1. Sistem Operasi
2. Program Aplikasi
3. Bahasa Pemrograman
4. Program Bantu
5. Program Paket
6. Program Permainan
7. Program Multimedia
1. SISTEM OPERASI
Sistem operasi merupakan program
utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang di Kenal oleh mesin
komputer ( bahasa mesin).
Contoh Sistem Operasi :
. Produk Microsoft : Windows 3.1,
Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows Me, Windows XP, Windows Vista,
Windows NT (untuk jaringan).
. Produk Novel : Linux, Redhat,
OpenSuse, Ubuntu, Mandrake, Mandriva,dll
. Produk Apple : Macintosh
. Produk IBM : DOS, UNIX
2. PROGRAM APLIKASI
Program aplikasi merupakan program
yang di buat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk penjualan di supermarket,
untuk mengelola data rumah sakit, untuk mencetak kuitansi dan sebagainya.
3. BAHASA PEMROGRAMAN
Bahasa pemrograman merupakan bahasa
yang dipakai untuk membuat program komputer. Tingkatan Bahasa Pemrograman ada 4
yaitu :
-Low Languange Program (Bahasa
Pemgrograman Tingkat Rendah), contohnya Assembly machine
-Middle Language Program (Bahasa
Pemrograman Tingkat Menengah), contohnya Bahasa C++
-High Language Program (Bahasa
Pemrograman Tingkat Tinggi),Contohnya Pascal, Borland , Fotran
-4GL (Bahasa Pemrograman Tingkat ke
4), contohnya Visual Basic, Visual FOxpro
4.PROGRAM BANTU (
Utility )
Program Bantu merupakan program yang
bertujuan untuk mengatur konfigurasi komputer, menjaga komputer dari serangan
virus dan hacker, menyelamatkan data dan sebagainya.
Contoh program bantu yang kita kenal
yaitu Anti Virus, Backup, Disk
Defragmenter, dsb.
5. PROGRAM PAKET
Program paket merupakan gabungan
dari beberapa aplikasi yang di paket menjadi kesatuan untuk menangani suatu
bidan pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh paket yang paling terkenal adalah
Microsoft Office dimana didalamnya terdapat program untuk mengolah kata
(Microsoft Word), untuk mengolah angka (Microsoft Excel), Untuk Program
presentasi (Microsoft Power Point) dll.
Dilihat dari bidang pekerjaan yang
ditangani, program paket dapat dibedakan menjadi:
1. Aplikasi perkantoran,
misalnya:Microsoft Office dan StarOffice
2. Aplikasi database, misalnya :
oracle dan SQL Server
3. Aplikasi grafik, misalnya Adobe
Photoshop dan Corel Draw
6.PROGRAM PERMAINAN
Program permainan merupakan
program-program yang dibuat untuk menampilkan permainan interaktif pada layar
komputer.
Contoh program permainan yang sudah
dikenal yaitu :
a.
Solitaire, tersedia pada Accessories Windows
b. Counter Strike, umumnya dimainkan di game center
c. Kurusetra, terkenal sebagai game asli buatan indonesia
7. PROGRAM MULTIMEDIA
Program Multimedia mencakup
program-program yang memainkan musik atau lagu, memutar film atau video, untuk
menangkap siaran radio atau televisi dan program lainnya.
Contoh Program multimedia yaitu :
a. Winamp, umumnya digunakan untuk
memainkan lagu mp3
b. JetAudio dapat memainkan berbagai
format lagu serta video
c. RealPlayer, dapat menangkap
siaran radio dan TV dari Internet
Perangkat Keras Komputer (Output
Device)
A. Perangkat Keras dan Fungsinya
Berdasarkan fungsinya, perangkat
keras komputer dibagi menjadi:
1 . input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4 Backing Storage ( unit
penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar komputer terdiri dari
input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan
mouse. Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication,
Registers dan control section). Output device terdiri dari monitor dan printer.
Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic
tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen
Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum
ada atau tidak ada sebelumnya.
Komponen Periferal ini contohnya :
TV Tuner card, Modem, capture card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media
untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk
diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input device atau unit
masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalahkeybbard dan mouse,
keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan
komputer.
Selain itu terdapat joystick, yang
biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian
scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat
dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat
melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam
komputer.
Berdasarkan sifatnya, peralatan
input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
- Peratalan input langsung, yaitu
input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya :
keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
-Peralatan input tidak langsung,
input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat
pemroses. contohnya : punched card, disket, harddisk.
No comments:
Post a Comment